pendid

Tanaman Bawang Putih yang Kaya Akan Manfaat

Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijumpai di dapur. Karena bawang putih sering dimanfaatkan oleh orang-orang untuk dijadikan bumbu untuk membuat makanan. Bawang putih berasal dari daerah Asia Barat Daya. 

Bawang putih masih memiliki ikatan saudara dengan bawang merah, bawang bombai dan bawang lainnya. Di Indonesia bawang putih banyak tersebar di daerah Bali, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Lombok.  

Bawang putih banyak mengandung zat besi, sulfur, fosfor, vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, serat, mangan, kalsium dan lainnya. Banyaknya kandungan nutrisi baik yang terdapat bawang putih menjadikan bawang putih sebagai salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Bawang putih bermanfaat bagi tubuh karena beberapa zat nutrisi yang ada di dalamnya dapat membantu tubuh untuk tetap sehat dan menyembuhkan beberapa penyakit. Bawang putih dapat diolah menjadi berbagai makanan, selain sebagai bumbu dapur. Diantaarnya; dapat diolah menjadi jus, acar, penyedap pada kerupuk, menjadi bawang goreng dan lainnya. Cara mengolah bawang putih juga sangat mudah, sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan olahan rumah untuk dijadikan teman lauk atau obat.

Berikut beberapa uraian manfaat bawang putih:

Anti Bakteri

Kandungan allicin pada bawang putih juga dapat dijadikan anti bakteri pada tubuh. bawang putih sebagai anti bakteri alami yang tidak menimbulkam efek samping pada tubuh. salahsatu bakteri yang dapat dilawan dengan bawang putih adalah E coli.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat diturunkan dengan cara mengonsumsi sebanyak 10 gram bawang putih yang mentah (≤ 2 siung) setiap hari dalam waktu 2 bulan. Hal itu dikarenakan zat allicin pada bawang putih dapat menghambat enzim dalam tubuh yang berperan untuk memebentuk kolesterol. Mengonsumsinya dengan cara di tumbuk, dikunyah, dipotong atau dihancurkan dalam keadaan mentah.

Meningkatkan Imun Tubuh

Bawang putih dapat meningkatkan imun tubuh karena kandungan belerang dalam bentuk allicin di dalamnya. Sistem inum tubuh harus selalu dijaga agar tubuh dapat selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Menurukan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah pada tubuh hars selalu dijaga. Jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika tekanan darah terlalu tinggi maka akan beresiko pada jantung. Dengan mengonsumsi bawang putih, kandungan polisulfida akan membuat pembuluh darah menjadi lebar. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Demikian beberapa ulasan tentang bawang putih yang kaya akan manfaat. Diantaranya yaitu untuk menurunkan kolesterol jahat, anti bakteri, meningkatkan imun dan menurunkan tekanan darah. 

Bawang putih merupakan bahan alami yang mudah dijumpai. Mulailah dari sekarang untuk selalu menerapkan hidup sehat dengan memperbanyak mengonsumsi bahan alami, salah satunya adalah bawang putih.


Belum ada Komentar untuk "Tanaman Bawang Putih yang Kaya Akan Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel