pendid

Kupas Fakta Tentang Minum Dingin Setelah Makan Berlemak

minum dingin makan lemak

Minum dingin setelah makan berlemak seringkali menjadi perdebatan di masyarakat. Banyak yang beranggapan bahwa minum dingin setelah makan berlemak akan membuat lemak tersebut mengendap dan menimbulkan penyakit. 

Masyarakat tentu merasa bingung, pasalnya penyakit yang 'katanya' disebabkan air dingin merupakan penyakit yang tidak main main. Adapun penyakit yang katanya disebabkan oleh minum dingin setelah makan berlemak adalah kolesterol, serangan jantung, stroke bahkan kanker. 

Namun rupanya pernyataan mengenai penyakit yang muncul sebab minum dingin setelah makan berhasil dibantah oleh para pakar kesehatan, salah satunya adalah dr. Deta Yuliani Oka. Berikut penjelasannya:

Fakta Minum Dingin Setelah Makan Berlemak

1. Lambung Mampu Menetralkan Suhu Makanan

Mengonsumsi makanan dengan suhu panas atau dingin, akan terasa ketika makanan tersebut berada di dalam mulut. Namun ketika makanan tersebut sudah masuk pada bagian lambung, maka suhu akan dinetralkan. Begitulah penjelasan dokter Deta, sehingga minuman dingin tidak akan mempengaruhi makanan berlemak yang anda konsumsi.

2. Tidak ada Minuman Dingin yang Menyebabkan Penyakit Kronis

Minum dingin setelah makan berlemak telah menjadi perbincangan karena kabarnya dapat menyebabkan penyakit kronis. Namun lagi lagi opini ini dibantah oleh dokter Deta. 

Belum ada studi yang menerangkan bahwa minuman dingin dapat menyebabkan penyakit kronis. Hal ini terbukti karena minum dingin setelah makan berlemak tidak akan membuat lemak menjadi beku, hingga mengganggu keseimbangan darah. Meski beredar mengenai kabar air dingin dapat memicu serangan jantung, stroke, dan penyakit kronis lain namun kabar itu tidak benar. 

Hanya saja kandungan dari makanan tersebutlah yang dapat membuat anda memiliki kemungkinan terkena penyakit. Jadi usahakan agar anda meminimalisir konsumsi makanan yang dapat memicu penyakit yang berbahaya. 

3. Minum Dingin Tidak Menyebabkan Gemuk

Sekali lagi sebuah opini yang dibantah oleh dunia kedokteran yaitu mengenai minum dingin yang menyebabkan anda semakin gemuk. Opini ini tentu tidak benar, karena penambahan berat badan tentu berawal dari penumpukan kalori. 

Air mineral memiliki kalori sebesar 0% sehingga kemungkinan air dingin menyebabkan gemuk tentu salah besar. Kecuali ketika anda menambahkan gula, garam, atau zat pelezat lainnya maka air tersebut tentu tidak memiliki kalori 0% lagi. 

Baca Juga:

5 Cara Mengatasi Kesemutan Akibat Kolesterol

4 Menu Makanan Diet Rendah Lemak

7 Buah Penghancur Kolesterol

Menjaga Kesehatan Setelah Makan Berlemak

1. Perbanyak Aktivitas

Setelah penjabaran mengenai minum dingin setelah makan berlemak, tentunya anda perlu mengetahui tentang cara menjaga kesehatan. Tubuh memang memerlukan lemak, namun tingkat kebutuhan lemak juga tidak serta merta dapat anda loss begitu saja. 

Setelah mengonsumsi makanan berlemak alangkah baiknya jika anda beraktifitas dan tidak berdiam diri. Usahakan agar anda melakukan kegiatan yang sudah biasa anda lakukan. Hal ini untuk mencegah penumpukan lemak pada area tubuh tertentu. 

2. Konsumsi Banyak Air Mineral

Cara sehat selanjutnya setelah mengonsumsi makanan berlemak yaitu dengan memperbanyak asupan air. Tubuh anda memerlukan air untuk menetralisir kandungan lemak yang ada pada makanan, sehingga lemak akan ikut luruh dengan air menuju tempat pembuangan ketika buang air kecil. 

Anda juga dapat menggunakan campuran air jahe hangat atau campuran jahe, ketumbar, dan sereh untuk menggelontorkan lemak tersebut. Rasa panas yang ada pada kandungan 3 bahan herbal tersebut dapat membakar lemak dalam perut anda.

3. Konsumsi Buah 

Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C tinggi sangat dianjurkan setelah mengonsumsi makanan berlemak. Buah yang dapat anda konsumsi dapat berupa buah lemon, jeruk, apel, dan stroberi atau buah lain yang mengandung vitamin C tinggi. 

4. Perbanyak Serat

Konsumsi serat yang cukup juga membantu anda menetralkan lemak. Anda dapat memperolehnya dari berbagai jenis sayuran. Lemak yang menumpuk juga dapat membuat tubuh susah untuk buang air besar, sehingga penting ketika anda mengonsumsi serat sebagai pencahar. 

5. Olahraga

Kegiatan sehat yang terakhir untuk membunuh lemak dalam tubuh yaitu dengan berolahraga. Tubuh anda akan berkeringat, dimana keringat tersebut berasal dari sisa pembakaran lemak karena berolahraga. 

Usahakan agar olahraga tersebut anda lakukan secara berkala. Sehingga pada akhirnya tubuh ideal tetap anda miliki meski makan berlemak. 

Minum dingin setelah makan memang menyegarkan. Namun Anda sebaiknya berfikir ulang untuk memakannya. Biarkan lambung anda bekerja secara sehat, dengan cara tidak membebaninya minum dingin atau panas.


Belum ada Komentar untuk "Kupas Fakta Tentang Minum Dingin Setelah Makan Berlemak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel