pendid

7 Keseharian Pendierita Diabetes Untuk Stabilkan Gula Darah

Keseharian Penderita Diabetes

Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan pankreas tidak dapat bekerja secara bai, bahkan membuatnya rusak. Akibatnya, semua jenis gula yang masuk ke dalam tubuh tetap akan menjadi gula dan tidak dapat berubah menjadi tenaga. 

Meskipun sudah makan berkali kali, orang yang menderita diabetes akan sering merasa lapar karena kekurangan tenaga. Karbohidrat yang telah diserap dan berubah menjadi gula tentu tidak dapat dengan mudah diuraikan menjadi tenaga.  

Orang yang sudah jelas divonis terkena diabetes oleh dokter, tentu harus mengetahui hal hal yang dilarang. Beberapa pola hidup juga harus dirubah. Obat khusus diabetes tentu akan menjadi teman anda. Dimana obat tersebut harus anda minum setiap hari 1 kali. 

Obat diabetes tersebut wajib anda konsumsi sesuai dengan resep dokter. Agar keseharian penderita diabetes tidak menyalahi aturan, alangkah baiknya jika anda menyimak beberapa informasi mengenai keseharian penderita diabetes berikut ini. 

Keseharian Penderita Diabetes yang Wajib Anda Ketahui

1. Kurangi Karbohidrat

Keseharian penderita diabetes yang perlu mendapat perhatian ialah mengurangi asupan karbohidrat. Sudah dapat anda terjemahkan bukan, bahwa yang dimaksud sebagai karbohidrat di sini ialah semua makanan yang bersifat mengenyangkan dan tahan lama. 

Karbohidrat selain anda dapatkan dari nasi juga dapat berasal dari makanan lain, seperti singkong, ketela, jagung, dan beberapa sumber karbo lainnya.  

Banyak penderita diabetes yang mendapat saran dari dokter untuk mengurangi nasi putih. Hal ini rupanya nasi putih mengandung banyak sekali zat gula. Nasi jagung menjadi salah satu cara bagi anda untuk menguranginya. Banyak yang menyebut nasi jagung ini dengan sebutan 'nasi serbuk'. Bagi yang sudah terbiasa mungkin fine fine saja ketika mengonsumsi nasi serbuk. Namun bagi orang awam tentu akan terasa aneh. 

Dokter juga menyarankan bahwa sebaiknya anda mengganti nasi putih dengan beras merah. Beras berah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada beras putih pada umumnya. Sehingga mampu menguraikan dan mengurangi produksi gula dalam tubuh. 

2. Mengonsumsi Buah Buahan

Meski sedang terkena diabetes, anda juga tetap harus memperhatikan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Salah satu keseharian penderita diabetes yang perlu anda perhatikan ialah mengonsumsi buah buahan. Ada beberapa jenis buah buahan khusus yang dilarang tegas. 

Buah buahan yang sebaiknya anda hindari yaitu buah yang terlalu masak dan mengandung rasa manis yang berlebih. Diantara buah buahan yang sebaiknya anda hindari ialah mangga, sawo, melon, nangka, pisang manis dan lainnya. Namun jangan khawatir, ada buah buahan khusus yang dapat anda jadikan dalam konsumsi keseharian penderita diabetes diantaranya : pisang kepok kuning/merah, apel, pepaya, dan juga semangka. 

Buah dapat menduduki peran yang sangat penting, dimana buah akan menjadi sumber vitamin dan juga serat yang akan digunakan tubuh melakukan proses metabolisme. Jadi, penting untuk tetap mengonsumsi buah buahan dalam pola keseharian penderita diabetes. 

Baca Juga:

4 Cara Alami Mencegah dan Menurunkan Diabetes

5 Buah Paling Baik Untuk Penderita Diabetes

Putus Rantai Diabetes Keturunan, Berikut Caranya!

3. Konsumsi Susu Rendah Gula

Susu memang mengandung protein yang lumayan banyak dan jelas tubuh anda sangat membutuhkannya. Susu yang dapat anda konsumsi tentunya berupa susu rendah gula. Sebagai solusi, anda dapat mengonsumsi susu sapi murni yang telah disterilkan sebelumnya, susu kambing, atau bahkan susu kedelai. 

Semua susu sebaiknya bagus untuk dikonsumsi pada masa keseharian penderita diabetes. Asalkan rendah gula dan tentunya berprotein tinggi. Anda juga dapat membeli susu yang telah beredar di minimarket terdekat tentunya dengan persyaratan tersebut. 

4. Minum Air Rebusan Daun Kelor

Daun kelor merupakan daun yang sempit dan kecil namun berjuta manfaat. Dimana manfaatnya salah satunya dapat menstabilkan gula darah anda. Keseharian penderita diabetes dapat anda lengkapi dengan mengonsumsi air rebusan kelor tersebut. 

Kelor juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga secara tidak langsung mampu memperkuat imun tubuh anda. Kelor juga baik untuk memperbaiki sel kulit yang rusak karena diabetes. 

5. Minum Ramuan Pendetoks Tubuh

Keseharian penderita diabetes yang ke lima dalam pembahasan kali ini yaitu dengan mengonsumsi ramuan pendetoks tubuh. Sisa obat diabetes yang anda konsumsi tentunya dapat mengendap pada beberapa organ tubuh, salah satunya ginjal. Untuk mendetoks atau membersihkannya tentu anda membutuhkan zat alami juga. 

Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi ramuan pendetoks tubuh yang berasal dari bahan alami. Diantara bahan alami tersebut dapat berupa jahe, kunyit, serai, madu, dan juga ketumbar. Anda dapat mencuci jahe dan juga kunyit sebelum anda menuangkan air panas pada rempat tersebut. Biarkan sejenak kemudian minum selagi hangat kuku. 

Minuman pendetoks tubuh ini baik anda konsumsi setiap pagi dan juga sore. Sehingga tubuh anda juga tetap bersih dan steril dari obat kimia yang nantinya membahayakan. 

6. Minum Air Rebusan Daun Kersen

Daun kersen atau daun keres ini rupanya menjadi obat yang alami dan ampuh dalam mengatasi diabetes. Anda dapat merebus 7 hingga 9 lembar daun kersen setiap harinya dengan 3 gelas air putih. Dimana anda dapat merebusnya hingga tersisa 1 gelas saja. 

Usahakan daun kersen yang anda rebus berasal dari daun yang masih muda. Ketika gula darah sudah stabil, maka kegiatan ini dapat anda hentikan. 

Selain uraian di atas, keseharian penderita diabetes sebaiknya tidak begitu dilakukan dengan ketat. Karena apabila kadar gula terlalu jauh di bawah batas normal, dapat menyebabkan koma atau hilang kesadaran dalam waktu yang lama. 

7. Olahraga

Tubuh orang yang terkena diabetes mudah sekali lelah. Namun pada kenyataannya, anda tetap harus berolahraga. Olahraga ringan yang dapat menjadi kegiatan keseharian penderita diabetes ialah jalan, lari kecil, hingga beberap latihan kebugaran lainnya. 

Lakukan olahraga ringan setiap harinya, terutama pada setiap pagi hari. Olahraga tersebut tentunya akan membuat peredaran darah anda menjadi lebih lancar. 

Menstabilkan tingkat gula darah merupakan hal yang susah. Anda juga tetap harus rajin untuk cek gula darah setiap bulannya. Agar lebih yakin, tentunya harus anda dukung dengan keseharian penderita diabetes yang baik. 

Belum ada Komentar untuk "7 Keseharian Pendierita Diabetes Untuk Stabilkan Gula Darah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel