pendid

5 Masalah Kesehatan yang Muncul Akibat Makanan Bersantan

Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Akibat Makanan Bersantan

Makanan bersantan sudah menjadi menu khusus bagi semua orang di bulan yang penuh berkah, yaitu pada bulan syawal. Memang makanan bersantan terasa sangat nikmat untuk dirasakan. Namun anda jangan sesekali tergiur akan nikmat yang ditawarkan tersebut, karena bisa jadi kenikmatan tersebut justru akan menjadi hal yang justru membahayakan dan mengancam kesehatan anda. 

Makanan bersantan mungkin menjadi sebuah masalah yang serius jika dikonsumsi secara sering dan juga hampir setiap hari. Banyak sekali beberapa penyakit yang disebabkan karena konsumsi makanan bersantan setiap hari. Untuk lebih jelas mengenai berbagai penyakit yang mengancam kesehatan akibat mengonsumsi makanan bersantan, anda dapat menyimak dalam rangkuman di bawah ini serta dapatkan pula tips mengatasi penyakit tersebut. 

Berbagai Penyakit yang Muncul Akibat Mengonsumsi Makanan Bersantan secara berlebihan dan Cara Mengatasinya

1. Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit pertama yang disebabkan oleh makanan bersantan ialah penyakit jantung. Meski tidak langsung mengalami penyakit ini, mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan dapat membuat peluang terkena penyakit jantung menjadi lebih besar. 

Hal ini tentunya dapat diminimalisir dengan tidak mengonsumsi makanan ini secara berlebih. Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi lainnya agar tidak terkesan jomplang. Anda juga dapat menambah beberapa nutrisi lainnya dengan mengimbangi mengonosumasi makan buah dan juga sayur.

2. Penyempitan Pembuluh darah

Penyakit kedua yang mungkin saja terjadi ketika mengonsumsi makanan bersantan setiap hari ialah mengalami penyempitian pembuluh darah. Masih seputar kandungannya, santan mengandung lemak jahat yang cukup tinggi. 

Jika memang anda menjadikan makanan bersantan sebagai makanan favorit, tentunya anda juga harus menjadi lebih selektif dalam mengonsumsi makanan lainnya. Imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, agar aliran darah pada pembuluh darah anda juga semakin berjalan dengan optimal. 

3. Meningkatkan Gas Asam Lambung

Kandungan asam lambung pada setiap orang memang berbeda dan dapat naik turun. Gas asam lambung dapat meningkat jika makanan yang anda konsumsi tergolong makanan ekstrem, salah satunya yaitu makanan bersantan. 

Agar tetap aman makan makanan bersantan dan tidak menyebabkan asam lambung naik, anda dapat mengimbanginya dengan konsumsi buah dan juga sayur. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang bersifat mampu mendinginkan lambung, seperti agar agar dan juga makanan berserat lainnya. 

4. Menyebabkan Jerawat

Masalah berikutnya yang muncul ketika mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan yatu adanya jerawat yang tak terkendali. Lemak dalam darah juga dapat memicu tidak sterilnya darah yang ada pada tubuh. 

Jerawat tersebut tentunya dapat anda atasi dengan cara mensterilkan keadaan muka, menjaga kebersihannya dan juga mencukupi kebutuhan nutrisi kulit anda. 

5. Memicu Kolestrol

Penyakit lainnya yang dapat muncul akibat adanya konsumsi makanan bersantan yang berlebih yaitu kolesterol. Penyakit yang sudah menjamur di kalangan masyarakat ini dapat membuat tingkat lemak dalam darah atau koleterol menjadi lebih tinggi. 

Anda dapat menggelontor lemak dalam darah menggunakan cara khusus yang sebenarnya bukan rahasia lagi. Anda dapat mengonsumsi minuman herbal yang berasal dari jahe atau tanaman herbal lainnya. Gunakan rendaman jahe sebagai terapi herbal alami. 

Baca juga:

5 Cara Mengatasi Kaki Kesemutan Akibat Kolesterol

7 Buah Penghancur Kolesterol

Beberapa masalah atau penyakit yang muncul akibat sering mengonsumsi makanan bersantan di atas dapat anda cegah tentunya dengan membatasi makanan tersebut. Usahakan agar anda tetap membiasakan pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur dan mengonsumsi air putih yang cukup. 

Belum ada Komentar untuk "5 Masalah Kesehatan yang Muncul Akibat Makanan Bersantan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel