pendid

Lakukan 5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan Agar Puasa Lancar

Lakukan 5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan Agar Puasa Lancar

Puasa merupakan salah satu kewajiban umat islam ketika bulan ramadhan tiba. Bulan ramadhan ini tentunya juga harus disambut dengan semangat dan juga tubuh yang sehat. 

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan di bulan ramadhan, sebenarnya hal ini dapat diusahakan. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan di bulan ramadhan. Simak tips menjaga kesehatan di bulan ramadhan di bawah ini:

1. Penuhi Cairan Tubuh

Hal pertama dan yang paling pokok untuk menjaga kesehatan di bulan ramadhan ialah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sebagaimana diketahui, bahwa tubuh yang kekurangan cairan akan mudah lemas dan tidak bertenaga. 

Pada bulan biasanya tubuh memerlukan 8 gelas air dalam sehati, begutupun pada bulan ramadhan ini. Asupan air mineral juga diharapkan sama dengan biasanya. Untuk itu anda harus mensiasatinya dengan cara minum satu gelas ketika bangun sahur, satu gelas lagi seusai makan sahur, satu gelas saat berbuka puasa, satu gelas sesudah makan, dua gelas selesai sholat isya dan tarawih, dua gelas menjelang tidur malam. 

Pola minum tersebut juga dapat anda rubah sesuai dengan kebutuhan. Jika dirasa kurang, anda dapat menambahnya sesuai dengan kebutuhan cairan dalam tubuh anda. Hanya saja aturan tersebut sesuai dengan kebutuhan umumnya. 

2. Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Meski dalam keadaan berpuasa, tubuh tetap menuntut haknya untuk mendapatkan nutrisi yang sama. Untuk itu, tips menjaga kesehatan di bulan ramadhan yang kedua ialah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Berbagai macam buah dan sayur seharusnya tetap dipenuhi selama puasa. Begitupun dengan karbohidrat, mineral, protein, dan beberapa nutrisi lainnya. 

Cara menjaga kesehatan di bulan ramadhan yang satu ini tentunya dapat diterapkan ketika berbuka dan juga sahur. Semalas apapun anda untuk mengonsumsi buah dan sayur, anda juga tetap harus memenuhinya agar kesehatan anda tetap terjaga. 

3. Manfaatkan Waktu Sahur

Puasa sudah pasti identik dengan makan sahur, yang tentunya sangat dianjurkan oleh nabi Muhammad. Menjaga kesehatan di bulan ramadhan yaitu dilakukan dengan selalu sahur dengan porsi, menu, dan waktu yang pas. Dimana nantinya sahur ini akan menentukan kualitas kesehatan tubuh selama sehari puasa. 

Usahakan agar anda menyempatkan sahur dengan maksimal. Rata-rata orang yang tidak sahur akan mudah lemas ketika menjalani aktivitas di pagi hari. Untuk itu, selalu jaga kesehatan di bulan ramadhan dengan tidak melewatkan sahur. 

4. Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak tidak seharusnya dari makanan berat seperti rawon dan gule. Namun makanan berlemak yang akan dibahas pada uraian ini adalah gorengan, salah satu menu berbuka yang paling banyak digemari. 

Gorengan mengandung lemak yang sangat tinggi. Dimana lemak ini nantinya dapat menyebabkan beberapa masalah yang mengganggu puasa anda, seperti mudah haus, mudah lemas, terkena kolestrol, dan lain sebagainya. 

Untuk mensiasati hal tersebut, sudah menjadi sebuah keharusan bagi anda untuk meninggalkan gorengan selama pada masa puasa. Apabila anda tidak bisa menepis keingan untuk mengonsumsi gorengan, anda juga dapat mengonsumsi air putih hangat ketika berbuka dan sahur terutama ketika makan gorengan. 

5. Tetap Beraktifitas

Cara menjaga kesehatan di bulan ramadhan selanjutnya ialah dengan tetap beraktifitas. Jangan jadikan puasa anda sebagai ajang untuk tidur dan bermalas-malasan. Selain mengurangi nilai pahala puasa, tidur dan bermalas-malasan akan membuat anda semakin tidak bertenaga dan merusak tubuh. 

Anda tetap dapat beraktifitas seperti biasa, yaitu berolahraga ringan, bekerja, dan melakukan hal lain yang biasa menjadi rutinitas anda. 

Uraian mengenai 5 tips menjaga kesehatan di bulan ramadhan di atas dapat anda lakukan dengan baik selama dalam bulan ramadhan. Puasa akan menjadi lancar, dan tubuh anda juga akan semakin sehat. 

Belum ada Komentar untuk "Lakukan 5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan Agar Puasa Lancar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel