pendid

Waspadai Penyebab Nyeri Payudara Bagian Kiri

waspadai penyebab nyeri payudara bagian kiri

Payudara merupakan salah satu organ yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Berbagai masalah kesehatan dapat menyerang payudara jika tidak benar menjaga kesehatan. Pola hidup seringkali menjadi hal utama yang menyebabkan sakit pada bagian payudara. 

Hal teburuk yang dapat mengganggu kesehatan payudara ialah kanker payudara. Biasanya kanker payudara disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Selain kanker payudara ada beberapa masalah payudara yang mengganggu para wanita, diantaranya nyeri payudara bagian kiri. 

Nyeri payudara bagian kiri ternyata sering dialami oleh beberapa wanita dan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika beraktifitas. Nyeri payudara bagian kiri dapat disebabkan karena beberapa faktor berikut:

1. Zat Kimia

Nyeri payudara bagian kiri dapat disebabkan karena zat kimia yang diseap tubuh telah mencapai batas. Zat kimia yang dimaksud dapat berasal dari makanan instan siap saji, yang kaya akan kandungan zat berbahaya yang sulit diuraikan dan dicerna oleh tubuh. 

Zat kimia ini dapat beredar melalui peredaran darah dan mengganggu keseimbangan metabolisme Tubuh terutama bagian payudara. Zat kimia tersebut dapat merusak sel yang ada pada payudara dan menyebabkan penyakit lainnya. 

Anda dapat mengonsumsi buah dan sayur sebagai obat penetralisir zat kimia yang ada pada tubuh anda. Meski tidakdapat membuang zat kimia secara total, namun perlahan seiring waktu tubuh anda akan terasa ringan dan nyeri payudara juga akan mengangsur hilang. 

2. Adanya Kelenjar Bening

Nyeri payudara bagian kiri dapat disebabkan karena adanya kelenjar bening yang dapat menjadi benjolan di payudara. Benjolan ini biasanya datang di saat tubuh kelelahan dan telah melakukan aktifitas berat. Benjolan ini juga biasanya disertai dengan nyeri. 

Cara untuk meminimalkan benjolan kelenjar bening dapat anda lakukan sendiri di rumah, yaitu dengan minum air rebusan manggis atau air rebusan daun sirsak. 

3. Menjelang Menstruasi

Penyebab nyeri payudara selanjutnya ialah karena mendekati waktu menstruasi. Survei membuktikan bahwa 8 dari 10 wanita mengalami rasa nyeri pada bagian badan dan juga payudara ketika akan menstruasi. 

Nyeri payudara bagian kiri sebelum menstruasi disebabkan karena hormon estrogen berkumpul pada titik tertentu dan menyebabkan tubuh menjadi tidak seimbang. Biasanya payudara yang nyeri sebelum menstruasi akan telihat sedikit lebih besar dibandingkan payudara yang satunya. 

Anda dapat mengompres nyeri payudara bagian kiri dengan menggunakan air hangat sesering mungkin. Hal ini akan membuat hormon estrogen turut menyebar melalui peredaran darah. 

4. Terjepitnya Saraf

Nyeri payudara sebelah kiri dapat disebabkan karena saraf yang ada pada payudara terjepit karena postur tubuh atau salah urat. Terjepitnya saraf payudara yang menyebabkan nyeri payudara ini dapat diatasi dengan sering berolahraga terutama berenang. Agendakan berenang minimal satu minggu sekali.

Itu tadi beberapa penyebab nyeri payudara bagian kiri yang dapat anda jadikan sebagai refrensi. Selalu perhatikan kesehatan anda, karena ketidakseimbangan metabolisme tubuh akan mengganggu organ tubuh anda yang lainnya. 

Belum ada Komentar untuk "Waspadai Penyebab Nyeri Payudara Bagian Kiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel