pendid

Tips Menjaga Kehamilan di Trisemester Pertama

Tips Menjaga Kehamilan di Trisemester Pertama

Hamil merupakan suatu kondisi yang menyenangkan bagi pasangan, apalagi bagi pasangan suami istri yang baru menikah. Namun kondisi kehamilan di semester pertama merupakan hal yang rawan terutama yang teredetksi kandungan lemah. Menjaga kesehatan di trisemester pertama merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan perkembangan janin di dalam kandungan. 

Trisemseter pertama ditunjukkan pada usia kehamilan 1 hingga 3 bulan. Ini juga disebut sebagai hamil muda yang sebenarnya rawan akan resiko keguguran. Untuk menguatkan janin di trisemester pertama sebaiknya ibu hamil melakukan hal-hal berikut:

1. Mengontrol Emosi

Hal yang harus dijaga bagi ibu hamil muda yang paling utama ialah tingkat emosional. Karena memang emosi merupakan tolak ukur yang menentukan kesehatan ibu dan anak. Jika emosi tidak stabil maka akan mengganggu metabolisme tubuh anda. 

2. Lakukan Aktifitas Sewajarnya

Keadaan hamil memang terkadang membuat sebagian orang menjadi takut dalam melakukan aktifitas. Entah itu karena faktor kehati-hatian atau karena faktor malas. Sebaiknya aktifitas yang baik bagi ibu hamil merupakan aktifitas yang terkontrol dan bersifat tidak memberatkan. Menjaga kehamilan di trisemester pertaman memang tidak boleh melakukan aktifitas yang terlalu menguras energi. 

3. Asupan Nutrisi yang Cukup

Keadaan hamil di trisemester pertama sebaiknya diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup. Arti nutrisi yaitu mencukupi segala zat yang memang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme. Ketika tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup, maka segala aktifitas yang terjadi pada tubuh akan stabil. 

4. Hindari Makanan Instan

Hamil trisemester pertama sangat rentan akan jenis makanan atau minuman yang anda konsumsi. Ketika anda hamil sudah sepatutnya menjaga segala macam asupan yang anda konsumsi. Hal ini dikarenakan pada trisemester pertama kondisi kehamilan sangat rentan terhadap zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh. 

5. Rajin Berolahraga

Cara menguatkan janin di trisemester pertama dapat juga dilakukan dengan berolahraga. Pada dasarnya olahraga akan membuat badan menjadi lebih fit. Hal ini dikarenakan adanya singkronisasi antara jiwa dan juga raga. 

Olahraga yang boleh anda lakukan juga hanya olahraga ringan saja. Hindari berbagai olahraga berat yang sekiranya anda sendiri tidak mampu untuk melakukannya. Olahraga berat juga akan membuat anda menjadi kehilangan banyak tenaga dan rawan akan keguguran. 

6. Rajin Minum Air Mineral

Air mineral memang sangat baik bagi tubuh, baik itu dalam kondisi hamil atau tidak. Hal ini dikarenakan air mineral mampu menggantikan cairan yang hilang dari tubuh anda baik melalui keringat, ataupun air kencing. Air mineral juga berperan untuk mengeluarkan zat yang sudah tidak dibutuhkan lagi yang larut dalam darah. 

Menjaga janin agar tetap kuat sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menjaga pola pikir atau emosional dan juga memperhatikan aktivitas serta makanan yang anda konsumsi. Jangan lupa untuk selalu menyertakan buah-buahan dalam menu sehari-hari anda. Sehingga anda akan menjadi kuat dan kebal akan berbagai zat yang mengancam kesehatan janin di trisemester pertama masa kehamilan. 

Baca Juga : Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Nifas

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Kehamilan di Trisemester Pertama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel