pendid

Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Nifas

Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Nifas

Waktu nifas merupakan waktu dimana wanita mengalami semaca menstruasi namun pasca melahirkan. Umumnya masa nifas selama 40 hari, namun dapat lebih dan kurang sesuai dengan keadaan ibu pasca melahirkan. 

Karena pada masa nifas kondisi badan tidak dapat selalu stabil, maka asupan nutrisi menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Nutrisi yang masuk pada tubuh anda akan memberikan energi yang mampu membuat tubuh tetap stabil. 

Selain itu, nutrisi tersubut juga mampu memulihkan kesehatan ibu setelah melahirkan, cadangan dalam tubuh, proses produksi ASI, mengatur metabolisme tubuh, serta menjadi sumber daya tahan tubuh terhadap ancaman virus dan bakteri.

Makanan yang wajib dikonsumsi saat nifas, sudah pasti mengandung beberapa komponen berikut:

1. Kalori

Komponen pertama yang wajib ada pada makanan ibu waktu nifas ialah makanan yang mengandung kalori. Masa nifas tentunya masa yang juga bebarengan dengan masa merangsang ASI agar cepat keluar dengan volume yang banyak. 

Kalori dapat diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat, diantaranya: nasi, jagung, umbi-umbian, kentang, dan makanan lain yang mengandung karbohidrat. 

2. Protein

Makanan ibu waktu nifas selanjutnya ialah semua makanan yang mengandung protein. Sebagaimana yang banyak diketahui, bahwa protein dapat diperoleh dari dua sumber, yaitu protein nabati dan protein hewani. 

Kedua jenis protein tersebut baik jika dikonsumsi pada waktu nifas. Konsumsi makanan berprotein yang tepat selama waktu nifas, karena protein juga merupakan salah satu zat yang menjadi sumber adanya ASI. 

3. Zat Besi

Kandungan zat besi hukumnya wajib ada pada makanan yang dikonsumsi ibu selama waktu nifas. Zat besi merupakan salah satu komponen penting di dalam darah. Ketika nifas sering kali anda mengeluarkan banyak darah, hingga anda membutuhkan yang namanya zat besi. 

Makanan zat besi dapat diperoleh dari buah-buahan, sayur dan juga susu.

4. Air Mineral

Sebagaimana orang yang sedang haid, waktu nifas anda juga membutuhkan banyak air mineral untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar. Air mineral dapat anda konsumsi tentunya dengan suhu ruang, jangan sesekali anda mengonsumsi air mineral pada saat air tersebut dingin atau dari kulkas. Bukan memperlancar, tapi minum air putih dingin dapat membuat tubuh menjadi sakit semua karena aliran darah menjadi tidak lancar.

5. Kalsium

Makanan yang mengandung kalsium juga penting untuk dikonsumsi pada waktu nifas. Kalsium dapat diperoleh melalui susu, sayur bayam, kedelai, dan alpukat. 

Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa waktu nifas merupakan waktu yang perlu ditunjang dengan berbagai jenis asupan yang bernutrisi. Tentunya mengandung banyak zat yang memang diperlukan oleh ibu semasa nifas. 

Baca Juga : Tips Menjaga Kehamilan di Trisemester Pertama

Belum ada Komentar untuk "Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Nifas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel