pendid

Atasi Diabetes dengan Konsumsi Jantung Pisang

Atasi Diabetes dengan Konsumsi Jantung Pisang

Jantung pisang, merupakan salah satu bagian dari pohon pisang yang ternyata menyimpan segudang khasiat. Salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah atau tingkat diabetes. 

Kandungan Jantung Pisang

Jantung pisang merupakan salah satu sumber serat yang tinggi, vitamin, dan juga mineral yang semuanya mampu memberi manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun tidak hanya itu, jantung pisang juga mengandung beberapa kandungan gizi lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Diantaranya: kalori, lemak, kalsium, magnesium, vitamin E, zat besi, dan juga karbohidrat. 

Karena kandungannya yang sangat lengkap tersebut, jantung pisang dipercaya mampu mengontrol diabetes yang anda alami. Kadar gula darah yang tinggi tersebut dapat berangsur stabil jika menggunakan jantung pisang sebagai salah satu makanan alami. 

Cara Mengolah Jantung Pisang

Cara mengolah jantung pisang sebenarnya sangat mudah, karena hampir mirip dengan cara mengolah sayur lainnya yang sejenis. Memang, jantung pisang mengandung getah yang pada umumnya lengket. Beberapa orang juga banyak yang mengatakan ribet jika mengolah jantung pisang sebagai makanan. Namun anda perlu mencermati cara mengolah jantung pisang yang baik dan benar, agar anda terhindar dari diabetes. 

Jantung pisang dapat anda olah menjadi banyak sekali menu makanan, seperti: tumis, oseng jantung pisang, lodeh jantung pisang, rawon jantung pisang, dan masih banyak lainnya sesuai dengan daerah anda tinggal. Teknik pengolahan yang benar serta menghindari bahan penyedap akan membuat kandungan jantung pisang menjadi lebih terasa dengan alami. 

Manfaat Lain dari Jantung Pisang Bagi Kesehatan

Selain untuk mengatasi diabetes, anda juga perlu menyimak beberapa manfaat lain yang dapat diberikan oleh jantung pisang berikut ini:

1. Memperkuat Imun

Bila berbicara tentang imun tubuh yang kebal, sudah pasti jantung pisang mampu menjaga imun tubuh anda. Berbagai macam virus serta radikal bebas akan mangkir dari tubuh anda jika sering mengonsumsi jantung pisang. Sebagaimana yang banyak ahli gizi katakan, bahwa imun tubuh yang baik berasal dari nutrisi yang didapatkan secara alami, salah satunya ialah menggunakan jantung pisang. 

2. Melancarkan Haid

Menstruasi yang tidak lancar ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi jantung pisang. Selain melancarkan siklus haid agar tepat waktu, jantung pisang juga dapat menjaga kadar darah anda agar tidak terlalu berlebih saat masa haid. 

3. Mengatasi Infeksi

Masalah selanjutnya yang dapat diatasi menggunakan jantung pisang ialah infeksi. Luka yang terjadi karena infeksi bakteri akan cepat kering jika diimbangi dengan rajin mengonsumsi jantung pisang. Hal ini dikarenakan jantung pisang mengandung etanol yang mampu menghambat tumbuhnya bakteri yang berbahaya. 

4. Mengatasi Sembelit

Serat yang tinggi yang ada pada jantung pisang membuat anda terhindar dari sembelit. Sistem pencernaan juga akan kembali normal sehingga membuat aktifitas harian anda menjadi normal. 

Penjelasan mengenai manfaat jantung pisang untuk mengatasi diabetes di atas dapat anda praktikkan sendiri di rumah. Mengonsumsi makanan yang mengandung bahan alami secara langsung akan membuat anda menjadi semakin sehat. Meski terkadang perubahan menuju sehat tidak langsung anda rasakan seketika. 

Belum ada Komentar untuk "Atasi Diabetes dengan Konsumsi Jantung Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel