pendid

5 Cara Mengatasi Kesemutan Akibat Kolesterol

penyebab kolestrol dan 5 cara mengatasi kesemutan akibat kolesterol

Nyeri dan kesemutan pada beberapa bagian tubuh merupakan hal yang lumrah yang biasanya dialami oleh penderita kolesterol. Keadaan dimana kandungan minyak dan lemak dalam darah menjadi tidak stabil dan berlebih dapat membuat tubuh tidak begitu nyaman di rasa. 

Kolestrol yang umumnya dialami oleh banyak orang membuat pengendapan yang nantinya dapat menyumbat pembuluh darah. Bahkan jika kadar kolesterol yang tinggi tersebut dibiarkan, tentunya akan membuat penyakit lainnya berdatangan, seperti jantung dan juga stroke. 

Kesemutan saat kolestrol dalam tubuh tinggi tentunya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 

Penyebab Kolestrol

1. Pola Makan 

Penyebab kolesterol tinggi hingga terasa nyeri dan kesemutan yang pertama ialah pola makan yang tidak terkendali. Bagi anda yang suka makan makanan yang mengandung lemak hewani dan susu berlemak sebaiknya mulai berhati-hati dan mencari penawarnya. 

Kondisi ini nantinya akan membuat keadaan kolestrol anda semakin tak terkendali. Imbangi dengan asupan sayur dan juga buah sebagai pemecah dan pelancar metabolisme tubuh. 

2. Obesitas

Ketika ada sebuah pernyataan bahwa kolestrol tidak harus menyerang orang yang gemuk memang benar, karena orang yang kurus kering juga dapat menderita kolestrol yang tinggi. Namun siapa sangka, orang yang memiliki postur tubuh lebih gemuk juga lebih rawan terkena kolestrol. 

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menjadi pemicu utama kolestrol tinggi. Nyeri di bagian tubuh tertentu akibat kolestrol juga menjadi hal yang dapat membuat anda merasa tidak nyaman, terutama ketika postur tubuh anda gemuk. Sungguh menyiksa bukan?

3. Kurang Berolahraga

Hal berikutnya yang menyebabkan kolestrol yaitu kurang berolahraga. Ketika anda kurang berolahraga atau kurang gerak juga dapat terancam kolestrol. Pada dasarnya olahraga dan banyak gerak akan membuat kandungan lemak dalam darah menjadi hilang terbakar. 

Olahraga tidak harus dilakukan dengan olahraga yang berat. Anda dapat memulainya hanya dari lari pagi atau joging. 

Setelah mengenal beberapa penyebab kolestrol di atas, anda dapat menyimak cara alami atasi kesemutan pada tubuh saat kolesterol tinggi:

Cara atasi kesemutan

1. Rendam Air Hangat

Cara pertama yang dapat anda lakukan ketika merasa kesemutan terutama pada kaki ialah merendamnya dengan air hangat. Ketika kaki anda terendam air hangat, maka rasa nyeri kesemutan pada kaki akan hilang secara perlahan. 

Namun jika bagian tubuh lainnya yang mengalami kesemutan, anda dapat menggunakan air hangat tersebut untuk mandi. Cara ini dapat anda lakukan setiap hari meski kesemutan tidak sedang dirasa. 

2. Rilekskan Tubuh

Cara kedua yang dapat anda lakukan ketika kaki merasa kesemutan yaitu dengan memposisikan tubuh se-rileks mungkin. Kondisi tubuh yang rileks akan membuat aliran darah pada tubuh menjadi lancar. Nantinya anda juga akan mengalami hal yang lebih baik ketika posisi istirahat seperti ini. Kaki atau bagian tubuh yang kesemutan karena kolesterol yang tinggi juga dapat diatasi dengan cara ini. 

3. Konsumsi Air Putih

Cara ketiga untuk mengatasi kesemutan karena kolesterol yang tinggi yaitu dengan konsumsi air putih yang banyak. Ketika anda kekurangan air putih akan mengakibatkan hal yang membahayakan tubuh. Tidak hanya nyeri pada tubuh, namun sistem metabolisme lainnya juga akan ikut rusak dan tidak stabil. 

4. Terapi Sayur dan Buah

Sudahkah anda punya jadwal makan sayur? Jika belum sebaiknya selalu jadwalkan sayur dalam menu sarapan dan makan anda. Khasiat sayur yang luar biasa dapat anda rasakan saat sudah terbiasa mengonsumsinya. Salah satunya yaitu terhindar dari kesemutan akibat kolesterol. 

Terapi sayur juga dapat menjauhkan anda dari penyakit lainnya, jadi bagi yang memang tidak mempunyai riwayat kolestrol tinggi sebaiknya tetap mengonsumsi sayur setiap harinya. Begitupun dengan buah. Terdapat banyak sekali jenis buah yang dapat menghancurkan kolesterol

5. Rajin Olahraga

Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan rajin berolahraga. Olahraga sebenarnya tidak harus menggunakan alat yang mahal. Anda dapat berolahraga menggunakan alat sederhana yang tersedia di rumah. Misalnya kemasan gula 1 kg, push up, yoga, dan naik turun tangga. 

Gerakan tubuh saat berolahraga menjadi poin penting terbakarnya lemak dalam darah. Dengan rajin berolahraga tubuh anda akan lebih terasa bugar dan dijauhkan dari yang namanya nyeri karena kolesterol. 

Itu tadi beberapa uraian tentang penyebab kolestrol dan 5 cara mengatasi kesemutan akibat kolesterol. Anda dapat menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang saat ini sudah banyak di masyarakat. 

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Kesemutan Akibat Kolesterol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel