pendid

4 Macam Nutrisi untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

4 Macam Nutrisi untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kecerdasan merupakan hal yang paling sensitif yang saat ini perlu untuk diupayakan. Kecerdasan otak yang dimiliki oleh anak dapat berasal dari berbagai sumber, diantaranya genetik, lingkungan dan juga nutrisi. 

Kali ini saya akan membahas tentang pengaruh nutrisi yang ada pada anak. Tahukah anda bahwa kebutuhan nutrisi anak terhadap kecerdasan otak itu merupakan hal yang saling berhubungan. Nutrisi yang cukup membuat anak anda semakin terarah dan mengalami perkembangan kecerdasan yang luar biasa. 

Nah, nutrisi apa saja yang mempengaruhi kecerdasan anak? berikut ulasannya:

1. Karbohidrat

Seperti halnya makanan sehat lainnya. Karbohidrat juga menjadi salah satu nutrisi yang harus dikonsumsi oleh anak-anak. Makanan yang mengandung karbohidrat biasanya juga disebut sebagai makanan pokok, seperti nasi, jagung, gandum atau sagu. 

Banyak orang mengetahui bahwa karbohidrat dijadikan sebagai sumber tenaga yang digunakan untuk menyongsong hari. Tanpa karbohidrat tubuh anda akan mudah lelah bahkan tak bertenaga. 

Asupan karbohidrat untuk kecerdasan biasanya berupa karbohidrat kompleks, yang dapat berasal dari gandum, beras merah, milet pasta, dan bahan lainnya yang berasal dari alam. 

2. Protein

Nutrisi yang paling penting untuk meningkatkan kecerdasan otak adalah protein. Berbagai proses biokimia dalam tubuh mampu merubah protein menjadi neurotransmitter yang nantinya mampu memproses semua informasi yang ditangkap oleh otak. Banyak yang mengatakan, bahwa protein berasal dari telur dan juga kacang-kacangan. 

Selain dari telur dan juga kacang-kacangan protein dapat didapatkan melalui daging, susu, dan juga keju. Usahakan beberapa sumber protein ini dikonsumsi anak anak dalam jangka waktu yang teratur. Meskipun tidak dapat setiap hari, setidaknya anak-anak sering mengonsumsinya. 

3. Lemak Cerdas

Dari nama nutrisinya, lemak cerdas merupakan lemak esensial dari gabungan Omega-3 dan juga Omega-6 yang sangat penting untuk perkembangan otak. Lemak cerdas ini bukan berasal dari sembarang daging atau hewan. 

Jangan salah dalam mengonsumsi lemak, karena jika lemak jenuh yang anda dan anak anda konsumsi bukan sebuah kecerdasan yang akan bertambah, namun mempengaruhi kecepatan kerja otak. Otak akan semakin lamban dalam mengolah informasi. 

Lemak cerdas dapat berasal dari Ikan haring, sarden, salmon, kacang brazil, lemon, minyak wijen, biji bunga matahari.

4. Vitamin dan Mineral

Nutrisi selanjutnya yang dapat meningkatkan kecerdasan otak ialah vitamin dan juga mineral. Anak yang kekurangan mineral dan vitamin dapat mengalami keterbelakangan mental. 

Sering makan sayuran dan juga buah buahan mampu membuat otak bekerja dengan cepat. Vitamin dan juga mineral dipercaya juga mampu meningkatkan IQ yang ada pada diri anak. 

Itu tadi 4 macam nutrisi yang harus dipenuhi untuk meningkatkan kecerdasan anak. Selain dengan memenuhi nutrisi yang diperlukan anak pola asuh dan juga lingkungan juga memiliki peran yang luar biasa pentingnya bagi kecerdasan otak. 

Belum ada Komentar untuk "4 Macam Nutrisi untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel