pendid

4 Cara Atasi Kedutan Mata

4 Cara atasi kedutan mata


Mata merupakan organ yang dapat dikatakan sebagai pusaka tubuh. hal ini dikarenakan fungsi mata sebagai jendela untuk melihat betapa indahnya dunia. Oleh sebab itulah kesehatan mata perlu dijaga. 

Salah satu masalah yang dialami oleh mata ialah mata kedutan. Hampir semua orang pasti pernah mengalami mata kedutan pada situasi tertentu. Mata kedutan biasanya tidak berlangsung lama, melainkan hanya beberapa saat saja. Ada yang mengalami masalah mata kedutan kurang dari 10 detik, hingga ada yang mengalaminya berlipat dari waktu tersebut. 

Sebenarnya masalah mata kedutan bukan sebuah hal yang berbahaya, namun apabila dalam waktu yang cukup lama dan sering maka sebaiknya segera mencari tau cara mengatasi mata kedutan tersebut. 

Pada bahasan kali ini akan dijelaskan beberapa cara mengatasi mata kedutan, namun sebelum anda mengetahui cara mengatasinya maka terlebih dahulu silahkan simak penyebab mata kedutan berikut ini:

Penyebab Kedutan Mata

1. Kelelahan

Masalah pertama yang paling umum yaitu faktor kelelahan. Bagi anda yang memiliki aktifitas yang padat, sebaiknya mulai sekarang luangkan sedikit waktu untuk beristirahat. 

Agenda yang sangat padat tentunya membuat mata kekurangan waktu istirahatnya. Tubuh yang teramat lelah akan membuat mudah kehilangan fokus dan juga dapat menimbulkan kedutan pada mata. 

2. Kafein

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi dapat memicu terjadinya kedutan pada mata. Memang kopi dapat membuat otak fokus dan berkonsentrasi namun hal ini juga membuat kelopak mata bekerja lebih keras. Mengurangi konsumsi kafein tidak hanya mengurangi kedutan, namun dapat mengurangi berbagai efek negatif lainnya yang dapat disebabkan konsumsi kafein yang terlalu berlebih. 

3. Resah

Pernahkah anda panik? merasa gelisah? sudah pasti pernah bukan. Keadaan resan dan juga gelisah sering kali menjadi pemicu mata kedutan. Pada dasarnya mata akan dipaksa bekerja secara ekstra bahkan berlipat lipat dikarenakan otot-otot yang tengang. Hal ini juga dapat memicu masalah negatif lainnya. Jadi sebaiknya sering rilekskan fikiran anda dan coba bersifat santai. 

4. Infeksi

Penyebab lain masalah mata kedutan yaitu karena infeksi pada mata. Mata yang terinfeksi seringkali menimbulkan reaksi-reaksi yang dapat dikategorikan cukup membuat resah. Infeksi pada mata dapat disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui tangan atau benda lain yang diusapkan ke sekitar mata anda. 

Untuk meminimalisir penyebab ini, sebaiknya jaga kebersihan daerah sekitar mata dan juga tangan yang terkadang secara tidak sengaja mengucek atau mengusap kelopak mata.


Jika menyimak beberapa penyebab mata kedutan di atas, sudah pasti anda harus paham cara mengatasi mata kedutan, berikut ulasannya:

4 Cara Mengatasi Kedutan Mata

1. Istirahat yang cukup

Cara pertama untuk mengatasi kedutan mata ialah istirahat yang cukup. Dengan beristirahat tentunya tubuh anda juga akan istirahat dari aktifitas termasuk mata anda. 

2. Kompres

Cara kedua untuk mengatasi kedutan pada mata ialah dengan cara mengompres mata menggunakan air dingin. Sensasi dingin yang diberikan dapat membuat otot di sekitar mata menjadi kendur sehingga mengurangi ketegangan otot. 

3. Kurangi Kafein

Sesuai dengan pernyataan di atas, bahwa penyebab kedutan mata ialah kafein yang berlebih. Untuk itu, sebaiknya kurangi konsumsi kafein baik itu dari kopi, teh, atau minuman lainnya yang mengandung kafein. Cara ini mungkin tidak dapat menyembuhkan dengan seketika, namun dapat menjadi sebuah pencegahan yang sangat bermanfaat di kemudian hari. 

4. Konsumsi Vitamin

Nutrisi yang dibutuhkan mata salah satunya yaitu vitamin. Salah satu sumber vitamin yang baik yaitu berasal dari buah buahan. Konsumsi vitamin yang mengandung vitamin A dapat membantu untuk menutrisi mata, sehingga terhindar dari kedutan. 


Itu tadi beberapa penyebab kedutan mata dan 4 cara mengatasi kedutan mata secara alami. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Atasi Kedutan Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel