pendid

Putus Rantai Diabetes Keturunan, Berikut Caranya!


Sebagaimana yang diketahui, bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat dengan ancaman diabetes tinggi. Diabetes disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya: sering mengonsumsi nasi, makanan manis, karbohidrat berlebih, bahkan minuman sachet yang manis juga dapat menyebabkan diabetes. 

Penyakit ini mulai marak dengan tidak mengenal usia. Meski rata-rata menyerang orang yang berusia 30 tahun ke atas, namun penyakit diabetes ternyata dapat diturunkan pada anak-anaknya. 

Orang yang terkena diabetes salah satunya memiliki tanda mengeluarkan keringat yang berlebih.Hal ini disebabkan oleh insulin dalam tubuh yang tidak bisa bekerja secara sempurna. 

Diabetes memiliki beberapa jenis atau tipe, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan juga diabetes gestasional. Ketiga diabetes tersebut sebenarnya disebabkan oleh hal yang sama, sebagai mana yang telah dijabarkan di atas. 

Agar generasi penerus anda juga menjadi generasi yang sehat tanpa mewarisi penyakit anda, berikut cara yang dapat digunakan untuk memutus rantai keturunan diabetes:

1. Puasa Karbohidrat

Cara pertama yang dapat dilakukan ketika sudah dinyatakan terkena diabetes yaitu puasa karbohidrat. Artinya mengurangi konsumsi karbohidrat dalam tubuh. Cara ini dapat dilakukan tanpa mengurangi kebutuhan karbohidrat sesungguhnya. Karbohidrat biasanya berasal dari nasi, dimana kebiasaan orang Indonesia yang suka mengonsumsi nasi 3x sehari, bahkan bisa lebih. 

2. Rajin Olahraga

Pola hidup sehat sebaiknya juga diterapkan guna melawan dan memutus rantai diabetes. Olahraga merupakan salah satu cara hidup sehat yang utama. Kegiatan ini tidak harus dilakukan dengan biaya dan alat yang mahal, namun dapat dilakukan secara sederhana seperti: naik turun tangga, lari pagi, jalan-jalan pagi dan lainnya. 

3. Kurangi Tidur

Orang yang terkena diabetes akan sering merasa mengantuk, bahkan hari-harinya akan selalu dilalui dengan rasa kantuk yang berlebih terutama di pagi hari. Alangkah baiknya jika rasa kantuk tersebut digunakan untuk beraktifitas. 

4. Konsumsi Sayur

Sayur dapat menjadi obat tersendiri yang secara alami mampu mengatasi dan menyetabilkan gula darah. Konsumsi sayur secara rutin dapat mendetoksifikasi tubuh dari berbagai racun dan gula darah berlebih. Selalu sertakan sayur dalam menu makanan anda. 

Itu tadi 4 cara yang dapat dibiasakan untuk memutus rantai diabetes dalam keluarga. Selalu jaga kesehatan anda dan keluarga, karena sakit tidak menunggu tua. Salam Sehat selalu. 

Belum ada Komentar untuk "Putus Rantai Diabetes Keturunan, Berikut Caranya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel