pendid

Keluarkan Serangga dari Telinga dengan Tips Berikut

telinga-kemasukan-serangga

Siapa yang pernah mengalami telinga kemasukan serangga? Tidak nyaman bukan? Ya, Serangga yang sering masuk ke dalam telinga salah satunya ialah semut. Semut suka masuk ke dalam telinga karena menganggap telinga merupakan sebuah lubang yang dapat dijadikan rumah. Sehingga sangat jarang bahkan tidak ada serangga lain yang suka masuk ke dalam telinga selain semut. 

Untuk mengeluarkan serangga tersebut sebaiknya menggunakan cara yang aman supaya tidak merusak bagian dalam telinga. Keluarkan dengan cara alami agar anda tidak kehilangan pendengaran, rusaknya telinga hingga infeksi. 

Berikut hal yang harus dihindari ketika akan mengeluarkan serangga dalam telinga:

1. Memasukkan air

Cara ini sebenarnya memang sering digunakan oleh banyak orang dikarenakan sebuah logika yang dipikirkan. Mungkin anda juga beranggapan, bahwa dengan memasukkan air ke dalam telinga dapat membuat serangga mati dan keluar kembali bersama dengan air. 

Logika tersebut sebenarnya bagus, namun tidak baik untuk kesehatan telinga. Air yang berlebih juga dapat merusak kesehatan telinga anda. 

2. Menggunakan Benda Tajam

Pembersih telinga bagian dalam yang biasanya digunakan untuk mengorek kotoran yang mengeras itu juga tidak tepat jika digunakan memancing semut keluar. Cara ini justru membuat semut masuk semakin dalam ke bagian telinga. Jadi hidari menggunakan cara ini meskipun dengan cotton bud. 

Kedua cara tersebut dinilai kurang baik karena akibat yang akan ditimbulkannya. Sehingga anda harus menghindarinya dan mencari cara yang lebih bijaksana. Caranya yaitu:

1. Pastikan Benar-benar Serangga

Sebelum melakukan sebuah tindakan, pastikan yang berada di dalam telinga anada ialah sebuah serangga. Karena telinga yang sensitif juga dapat merasakan seperti ada serangga di dalam telinga namun bisa juga karena perubahan suhu. 

2. Tenang

Hal yang kedua yaitu jangan panik. Tenang dan diam diam mencari solusi. Karena jika anda panik, otomatis serangga di dalam telinga juga akan masuk lebih dalam lagi, sehingga mampu membuat telinga semakin sakit. 

3. Gunakan Posisi Yang Nyaman

cara selanjutnya yaitu mencari posisi tubuh yang nyaman. Misak, ketika telinga yang dimasuki oleh semut adalah telinga bagian kanan, setidaknya anda bisa miring menghadap kebalikannya dengan posisi telinga kanan di atas. 

4. Kibaskan Telinga

Dengan kegiatan mengibaskan telinga mungkin dapat dilakukan ketika semut belum terlalu jauh masuk ke dalam telinga. Karena jika serangga belum masuk terlalu dalam ke bagian telinga maka serangga tersebut akan keluar dengan sendirinya. 

5. Gunakan Minyak Beraroma

Memancing serangga untuk keluar yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan minyak yang beraroma. Caranya cukup oleskan minyak pada bagian luar telinga. Dengan begitu serangga dapat keluar dengan mencium aroma dari bagian luar telinga tersebut. 

6. Hubungi Dokter

Jika serangga sudah masuk dalam telinga sudah cukup lama yakni beberapa jam, anda sebaiknya menghubungi dokter. Masalah yang sepele ini dapat menjadi penting mengingat bahwa organ yang dimasuki adalah salah satu organ yang sangat penting yaitu telinga. Sudah sepatutnya jika memang serangga belum juga keluar dari telinga dikeluarkan menggunakan cara yang dimiliki oleh dokter. 

Beberapa langkah tentang mengeluarkan serangga dari telinga di atas saya dapatkan dari pengalaman pribadi. Dan setelah saya praktekkan ternyata memang benar. Semoga  bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Keluarkan Serangga dari Telinga dengan Tips Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel