pendid

Cegah Flu Singapura Dengan Langkah Berikut


Penyakit yang suka menyerang dikarenakan pola hidup yang kurang bersih salah satunya yaitu flu singapura. Eits, jangan salah ya! Flu singapura bukan bearti flu yang berasal dari Singapura. Melainkan penyakit yang disebabkan oleh enterovirus. 

Flu singapura memang tergolong penyakit yang dapat menular melalui kontak langsung, yakni dengan cara bersentuhan tangan. Penyakit ini biasanya mulai merata seminggu setelah virus tersebut ada pada kulit. 

Flu Singapura biasanya ditandai dengan luka yang ada pada kaki, mulut, tangan, bahkan lidah. Perlu alat khusus yang digunakan untuk mengetes penyakit ini, sehingga dokter atau bidan tidak dapat memutuskan tanpa sebuah penelitian yang valid. 

Gejala awal yang dirasakan yaitu tubuh terasa lelah, nyeri di sekujur tubuh disertai demam, serta munculnya bintik merah yang lama kelamaan berisi cairan. Bintik merah ini tidak menimbulkan rasa gatal. 

Meskipun flu singapura bukan termasuk penyakit yang berbahaya, sebaiknya tetap waspada dengan mencegah agar tubuh tidak tertular flu singapura, berikut tipsnya:

1. Jaga Kebersihan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah tertularnya flu singapura yaitu dengan menjaga kebersihan. Pada dasarnya flu singapura memang disebabkan kurangnya menjaga kebersihan, baik kebersihan badan, dan juga lingkungan. 

Anda dapat menerapkan pada diri dan keluarga untuk menjaga kebersihan. Selalu pastikan bahwa pakaian yang digunakan juga bersih dari kotoran dan bakteri. 

2. Rajin Mencuci Tangan

Cara yang kedua yaitu dengan rajin mencuci tangan. Sebagaimana diketahui bahwa tangan merupakan gerbang utama tempat tersalurnya virus dan bakteri. Tangan biasanya seringkali digunakan untuk menyentuh anggota tubuh lainnya, mulai dari mulut, mata, hidung, yang nantinya dapat membuat virus dan bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh. 

Mencuci tangan dengan sabun dipercaya mampu membunuh virus dan juga bakteri, sehingga anda tidak perlu mahal-mahal untuk membeli obat cuci tangan, cukupkan sabun dan air bersih yang mengalir itu sudah cukup. 

3. Hindari Kontak langsung

Cara selanjutnya yaitu dengan menjaga jarak. Tujuan dari menjaga jarak ini yaitu agar tubuh tidak langsung mendapat transferan berupa virus dan bakteri. Virus flu singapura dapat ditularkan melalui udara bebas saat bersin, dan juga dari air liur bahkan berasal dari cairan yang keluar dari luka dlu singapura. 

4. Konsumsi Sayuran

Tubuh pastinya memerlukan nutrisi yang cukup guna melawan radikal bebas serta virus dan bakteri. Sayuran merupakan nutrisi yang utama dimana nantinya dapat meregenerasi kulit menjadi lebih sehat dan menumbuhkan sel kulit baru.

Flu singapura pada anak sebenarnya dapat sembuh kurang lebih selama dua minggu. Dimana dalam waktu tersebut memiliki fase tersendiri menuju sembuh. Namun apabila sudah terinfeksi flu singapura ada baiknya jika memeriksakan terlebih dahulu, sembari menerapkan pola hidup sehat sebagaimana tertera di atas. 

Belum ada Komentar untuk "Cegah Flu Singapura Dengan Langkah Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel