pendid

Penyebab dan Cara Atasi Sakit Gigi Saat Hamil

Penyebab dan Cara Atasi Sakit Gigi Saat Hamil

Mual, pusing, muntah, seringkali menjadi ciri khas yang dialami oleh ibu hamil. Namun tidak jarang ibu hamil juga mengalami sakit gigi. Penanganan khusus mengharuskan orang di sekitar seperti suami dan keluarga harus siap siaga untuk membantu meredakan gejala tersebut. 

Tanda kehamilan sudah menjadi hal yang wajar, sehingga tidak begitu dikhawatirkan. Penanganan yang diberikan juga sebaiknya bersifat alami, agar tidak membahayakan calon janin. Meski menjadi hal yang sepele, sakit gigi pada ibu hamil harus segera diatasi, apabila tidak segera diatasi sakit gigi pada ibu hamil dapat mengganggu kesehatan ibu dan calon bayi. 

Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Sakit gigi pada ibu hamil, dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

1. Perubahan Hormon

Selama masa kehamilan, hormon yang ada pada tubuh ibu hamil seringkali berubah. Hormon tersebut dapat memicu sensitivitas dari gusi serta gigi di dalam mulut. Gusi yang meradang ketika hamil sebaiknya segera ditangani agar tidak menimbulkan penyakit periodontal. 

Peradangan pada gusi dapat menyebabkan gusi bengkak. Gusi yang mengalami pembengkakan sangat mengganggu aktivitas yang menggunakan mulut, misal saat makan, dan berbicara. Mulut akan terasa ada yang mengganjal ketika gusi membengkak. 

2. Sering Muntah

Cairan yang keluar ketika muntah mengandung zat kimia yang dapat merusak email gigi. Asam lambung yang kuat tersebut dapat meningkatkan resiko gigi berlubang. Sudah terbayang bukan, rasa gigi berlubang ketika hamil? sudah pasti tida nyaman karena diiringi dengan nyeri gigi. 

Cara untuk mencegah agar gigi tidak berlubang karena cairan asam yaitu dengan berkumur dengan air putih sesudah muntah. Jika dirasa perlu, sebaiknya berkumur dengan air hangat, agar bakteri turut mati. 

3. Kurangnya Kalsium

Penyebab gigi sakit ketika hamil selanjutnya yaitu karena kurangnya asupan kalsium. Perlu diketahui, saat anda hamil maka kebutuhan nutrisi juga harus terpenuhi, termasuk kebutuhan kalsium. 

Gigi terbentuk dari zat yang berupa kalsium. Zat ini biasanya diperoleh dari susu dan juga buah-buahan. Bagi anda yang sedang hamil, sebaiknya rajin minum susu dan makan buah yang mengandung kalsium agar gigi menjadi kuat dan tidak mudah keropos. 

Baca Juga: 5 Cara Alami Atasi Sakit Gigi

Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Setelah mengetahui penyebab sakit gigi pada ibu hami, simak cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil yaitu:

1. Mengetahui Penyebab

Hal pertama yang dilakukan ketika sakit gigi yaitu mencari tahu penyebab sakit gigi. Karena sebagaimana yang anda ketahui, sakit gigi dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya: kebersihan mulut yang kurang, makanan,  kurangnya asupan nutrisi, dan lain sebagainya. 

2. Mengompres dengan Air Dingin

Cara kedua setelah mengetahui penyebab sakit gigi yaitu dengan mengompres bagian luar atau pipi gigi yang sakit menggunakan es atau air dingin. Sensasi dingin yang diberikan oleh es dapat mengatasi nyeri pada sakit gigi saat hamil. 

3. Rajin Berkumur

Ketika gigi anda sudah terasa sakit yang amat tak tertahankan, cara yang dapat dilakukan selanjutnya yaitu dengan rajin berkumur menggunakan cairan garam. Cara alami ini dapat membuat rasa nyeri pergi, serta mulut akan terhindar dari bakteri yang merugikan. Anda boleh menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik khusus, tapi ingat jangan sampai tertelan ya.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Cara selanjutnya untuk mengatasi sakit gigi ketika hamil yaitu dengan cara minum air putih yang banyak. Kebutuhan akan air putih menjadi sumber dari kesehatan tubuh anda. Jika anda kurang mengonsumsi air putih, sudah pasti tubuh akan mengalami banyak sekali masalah, salah satunya sakit gigi. 

Gigi yang bersih tentunya juga gigi yang sering minum air putih. Karena air putih yang diminum dapat membawa serta sisa makanan yang masih menyangkut agar turut larut ke dalam lambung dan organ pencernaan selanjutnya. 

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang kaya akan kalsium juga dapat membuat gigi lebih kuat dan tahan akan terhindar dari gigi sensitif. Selain gigi, seluruh organ tubuh juga dapat bekerja lebih maksimal karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Rajinlah makan buah dan sayur guna mencukupi gizi harian anda saat hamil. 

6. Rajin Sikat Gigi

Menyikat gigi memang minimal dua kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur malam. Namun bagi anda yang merasa sakit gigi saat hamil, alangkah baiknya jika rajin menyikat gigi saat ini juga. Menyikat gigi juga mampu menjaga kondisi gigi agar tetap bersih dan bebas dari bakteri. 

Penyebab dan cara mengatasi sakit gigi saat hamil di atas sudah pasti dapat mengurangi sakit gigi yang kini anda rasakan. Jikalau memang belum teratasi juga, sebaiknya pergi berobat ke dokter terdekat. Di sana anda akan mendapatkan pelayanan yang tentunya tidak membahayakan bagi kandungan anda. Jangan sekali-kali minum obat penyeri gigi saat hamil, hal ini dapat mengganggu kesehatan janin akibat bahan kimia yang dikonsumsi.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Atasi Sakit Gigi Saat Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel