pendid

Kenali Penyebab Telapak Kaki Terasa Panas dan Lelah Serta Cara Mengatasinya

kaki-terasa-panas-seperti-terbakar

Kaki terasa panas dan lelah. Sebuah kebiasaan yang membuat tubuh serasa tak berdaya dan malas kemana mana. Bahkan untuk berpindah dari ruang tamu ke kamar tidur seakan tubuh terasa berat. 

Kaki serasa panas seperti terbakar jika hanya dirasa satu kali atau dua kali mungkin tidak akan menjadi hal yang perlu dikhawatirkan. Namun akan menjadi perhatian khusus yang harus dijaga ketika sering terjadi. 

Kaki terasa panas seperti terbakar ternyata merupakan salah satu gejala dari penyakit yang berbahaya, diantaranya:

1. Diabetes

Penyakit yang diakibatkan rusaknya kadar insulin yang tidak terkendali ini ternyata memiliki ciri dimana telapak kaki terasa panas seperti terbakar. Selain itu, diabetes juga ditandai dengan ujung jari yang terasa kesemutan bahkan mati rasa. 

2. Dermatitis

Penyakit yang ditandai dengan kaki yang serasa panas dan seperti terbakar yaitu dermatitis. Penyakit ini disebabkan oleh deterjen, pembersih, dan juga sabun. Kulit yang sensitif dapat menjadikan peluang dermatitis semakin besar. Sebaiknya lebih rajin untuk membersihkan kaki dengan air mengalir dan juga sabun yang cocok untuk kulit. 

3. Tinea Pedis

Salah satu penyakit berbahaya yang ditandai dengan kaki yang terasa panas yaitu tinea pedis. Penyakit ini disebabkan kaki yang terlalu sering terkena lingkungan lembab. Pada daerah yang lembab, bakteri dan jamur dapat tumbuh subur bahkan menginfeksi benda yang ada di tempatnya. Salah satunya yaitu pada sepatu atau saat menggunakan kaos kaki yang basah.

4. Amiloidosis

Salah satu kondisi dimana tubuh terlalu banyak menumpuk protein sehingga sulit terserap oleh tubuh yaitu amiloidosis. Kondisi tubuh dengan protein yang menumpuk menyebabkan tubuh mudah lelah dan kulit yang mudah memar. 

5. Hipotiroidisme

keadaan dimana seseorang mengalami lelah yang luar biasa, dibarengi dengan sembelit, mudah lupa bahkan kurang bergairah. Kaki yang terasa panas juga dapat menjadi salah satu ciri dari penyakit ini, sehingga anda juga harus waspada dan selalu menjaga kondisi badan agar tetap fit. 

Dari uaraian di atas, dapat diambil beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi kaki terasa panas dan lelah berikut ini:

1. Rendam Air Hangat

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi kaki yang terasa panas yaitu dengan merendam pada air hangat. Cara ini dapat dilakukan menjelang tidur, sehingga anda dapat tidur dengan nyenyak. 

2. Rajin Berolahraga

Dengan rajin berolahraga tidak hanya menyehatkan kaki yang sering terasa panas, namun beberapa masalah kesehatan lainnya juga dapat hilang dengan cara ini. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, cukup lakukan kegiatan meregangkan kaki secara bergiliran. Lakukan kegiatan ini secara rutin setiap pagi hari. 

3. Pijat Kaki

Keadaan kaki yang panas dan terasa terbakar disebabkan oleh otot yang tegang. Pijatan halus pada kaki dengan minyak aromatherapi dapat membuat kaki lebih rileks dan terasa nyaman. 

4. Kompres Dengan Es

Cara menghilangkan kaki terasa panas selanjutnya yaitu dengan mengompresnya menggunakan air dingin atau air es. Air es dapat mengurangi rasa nyeri dan meredakan panas yang dirasakan oleh kaki. Coba lakukan pengompresan ini selama kurang lebih 15 menit menjelang tidur malam. 

Cara tersebut merupakan cara alami tanpa obat kimia yang dapat dicoba di rumah. Namun apabila kaki masih sering terasa panas, sebaiknya priksakan ke dokter sebelum berubah menjadi penyakit yang serius. 

Belum ada Komentar untuk "Kenali Penyebab Telapak Kaki Terasa Panas dan Lelah Serta Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel