pendid

Kurangi Konsumsi Terasi, Terapkan Hidup Sehat!

Terasi merupakan salah satu bumbu dapur yang sudah menjadi barang wajib yang ada di dapur bunda. Bagi penggemar sabal tentunya terasi merupakan bahan pokok yang wajib ada ketika membuat sambal. 

Bahan dasar dari terasi juga bervariasi, ada terasi yang berbahan dasar udang, ikan dan juga campuran keduanya. Namun yang paling banyak digemari masyarakat ialah terasi udang. Jenis terasi ini digemari karena memiliki aroma dan rasa yang khas. 

Meski banyak digemari, ternyata terasi merupakan salah satu bahan yang tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Terasi mengandung tingkat keasaman yang tinggi. Mutu yang dimiliki terasi juga berbeda-beda, tergantung bahan, proses dan juga penyimpanannya. 

Kualitas terasi yang baik dapat dilihat dari warnanya, yakni biasanya yang berwarna gelap dan hitam kecoklatan. Perlu diketahui, bahwa warna gelap yang dimiliki oleh terasi berasal dari pigmen udang dan juga ikan sebagai bahan dasarnya. 

Terasi yang berwarna merah biasanya mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahan kimia tersebut yaitu rhodamin B. Berbagai penyakit yang timbul diantaranya: Kanker hati, Ginjal, hingga gangguan pada kandung kemih. 

Bagi ibu hamil yang dulunya memang hobi mengonsumsi sambal terasi sebaiknya dikurangi selama masa kehamilan. Terasi berasal dari bahan yang telah difermentasi yang beresiko terhadap munculnya bakteri yang dapat mengganggu metabolisme tubuh dan akhirnya juga berdampak pada kesehatan bayi. 

Mengonsumsi terasi secara bijak memang merupakan hal terpenting untuk mencegah terjadinya masalah-masalah yang tidak diinginkan. Sebaiknya konsumsi terasi dalam jangka waktu yang tidak terlalu sering, demi mencegah terjadinya kemungkinan buruk yang dapat menimpa diri.

Hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit merupakan idaman semua orang. Namun pada saat ini banyak sekali orang yang kurang memperhatikan pola hidup sehat, sehingga penyakit sangat mudah bersarang pada tubuh.  

Hidup sehat dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisi yang berasal dari makanan dan juga minuman yang kita konsumsi. Selalu konsumsi makanan dengan menu gizi seimbang, yakni yang mengandung karbohidrat, sayur, protein, vitamin dan juga mineral. Makanan tersebut dapat kita peroleh dari nasi, sayuran, ikan-ikanan, buah-buahan dan juga air mineral. 

Belum ada Komentar untuk "Kurangi Konsumsi Terasi, Terapkan Hidup Sehat!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel